1. Buat paper tentang salah satu
franchise yang berhasil di indonesia
McDonald's Corporation
McD (di Indonesia
terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mek-di) adalah rangkaian
rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran
McDonald's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan ,
kentang goreng, filet ayam dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan
tempat restoran itu berada. Restoran McDonald's pertama didirikan pada tahun
1940 oleh dua bersaudara Dick and Mac, Gajah Mada Plaza, dan kebon jeruk . Tak
lama kemudian, pada tahun 2010 Tony Jack's Indonesia bangkrut dan diambil ahli
oleh McDonald's.
SEJARAH
Pada tahun 1937,
Richard dan Maurice McDonald membuka restoran drive-in di Pasadena, kemudian
pindah ke San Bernardino dan membuka McDonald Brothers Burger Bar Drive-In.
Perekonomian Calofornia Selatan yang berkembang dengan cepat bisnis Drive-In
mulai menjamur di banyak tempat di Amerika. Ketidakpuassan McDonald bersaudara
dengan bisnis drive-in nya, pada tahun 1948, mereka memecat semua pegawainya
dan menutup restorannya. Tiga bulan kemudian, McDonald Brothers buka kembali
dengan konsep yang radikal, yaitu Sistem Layanan Kilat (Speedee Service
System). Metode ini dirancang untuk menambah kecepatan, menurunkan harga, dan
melambungkan volume penjualan. Satu-satunya sandwich yangt dijual hanya hamburger
dan cheeseburger.
Penyajian
makanan menggunakan kantung ketas, gelas kertas, dan pering kertas. Satu
karyawan melaksanakan satu tugas, dan tidak membutuhkan koki-koki terampil.
Tanpa pramusaji, tanpa pelayan, tanpa mesin cuci piring. McDonald memulai awal
revolusi bisnis restoran cepat saji. Design McDonald dibuat dengan sederhana
agar mudah diingat. Lengkung emas yang membentuk huruf “M” dengan diterangi
neon waktu malam. Perubahan kebiasaan tersebut tentunya membingungkan
masyarakat setempat, karena mereka terbiasa dilayani pramusaji. Namun, harga
murah dan enaknya hamburger mengalahkan budaya drive-in yang selama ini
mengakar pada diri masyarakat Amerika. Dan sejak saat itu, keluarga kelas
pekerja mampu memberi anak-anak mereka makanan restoran.
Jaringan
fastfood McDonald tidak diluncurkan oleh korporasi besar yang mengandalkan
kelompok studi khusus dan riset pasar. Namun, para yatim piatu, penjaja
keliling, koki pemasak cepat yang optimis mampu mengembangkan usahanya. Biaya
awal untuk restoran fastfood rendah, namun marjin labanya cukup tinggi. Hal
tersebut menyebabkan banyaknya usaha-usaha fastfood dibuka di Amerika.
Pada tahun 1954
, Ray Kroc, penjual mixer susu kocok mengunjungi rrestoran menawarkan
kerjasama. Kroc meyakinkan dua bersaudara itu agar menjual hak waralaba
McDonald’d ke seluruh Amerika. Kroc sebagai pendiri McDonald’s Corporation
menggunakan filosofi “QSC and V” (Quality, Service, Cleanliness, and Value).
Dalam otobiografinya Grinding It Out, Kroc menggunakan Sietem Layanan Kilat yang
dipopulerkan oleh McDonald bersaudara dan menyebarkannya ke seluruh Amerika.
McDonald’s
Corporation dibawah kepemimpinan Ray Kroc dan Walt Disney Company yang dibangun
WaltDisney, merefleksikan kejayaan korporasi Amerika. Kedekatan Kroc dan Disney
bermula sejak sama-sama menjadi korps dalam Perang Dunia I. Pembangunan
Universitas Disneyland yang dikhususkan bagi karyawan Disneyland, juga diikuti
oleh pembangunan Universitas hamburger oleh Ray Kroc, yang melatih ribuan
manajer eksekutif dan para waralabawannya. Pemberian materi motivasi, promosi,
kinerja tim diajarkan hingga mendapatkan “Gelar Hamburgerologi”.
“Dalam
perusahaan saya, yang berkumpul di Connecticut untuk pelatihan, adalah orang
lain yang telah berbohong tentang usianya untuk masuk Dia dianggap sebagai
bebek aneh, karena setiap kali kami punya waktu dan pergi ke luar kota untuk
mengejar gadis-gadis, ia tinggal di kamp menggambar. Namanya Walt Disney.”
Meskipun Walt
Disney Company jauh lebih cepat berkembang pada waktu itu, di masa mendatang
bisa jadi McDonald lah yang lebih berpengaruh. Perusahaan McDonald’s mengilhami
banyak pengikikut, dan banyak menguasai sektor perkeonomian Amerika dan
menheluarkan maskot (Ronald McDonald) yang mampu melampaui Mickey Mouse (Maskot
Walt Disney).
Maskot McDonald
pada mulanya Speedee, koki kecil berkepala hamburger yang sedang mengedipkan
mata. Kemudian dinamai Archie McDonald. Pada tahun 1960, seorang waralabawan
McDonald menyewa pembawa acara prakiraan cuaca NBC, William Scoot dan Scoot
memerankan badut dengan nama Ronald McDonald. Dan Tokoh Ronald McDonald mulai
dikenal hingga sekarang. Ekspansi jaringan McDonald akhir tahun 1960-an terkait
dengan redupnya kejayaan Walt Disney Company.
2. Keuntungan dari usaha franchise bagi pemilik
1.
Tidak perlu memikirkan konsep bisnis, karna konsep bisnisnya sudah jelas dan
dibantu dengan adanya Pelatihan sehingga bisnis berjalan sesuai dengan konsep
atau sesuai dengan produk utama.
2.
Hanya Menjalankan konsep bisnis yang sudah jalan dan dikenal oleh masyarakat
3.
Kontrol bisnis sudah dibantu oleh system
4.
Bisa konsultasi dengan penyedia waralaba setiap kendala yang diahadapi di
lapangan
5.
Tidak perlu memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis karna pengembangan bisnis
sudah dipikirkan juga oleh penyedia waralaba
3.
Dampak positif dan negative dari perusahaan bagi perkembangan ekonomi Indonesia
Dampak
positif
·
terbukanya pasar internasional
·
meningkatkan kesempatan kerja
·
meningkatkan devisa negara
·
meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan
nasional bangsa.
Dampak
negatif
·
hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri
·
berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia
·
Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri
sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat
yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar